Pemkab Batanghari Anggarkan 399 Juta Bantuan ke Pokdakan

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DiskanKP) tetap anggaran bantuan benih ikan.

 

Untuk tahun 2021ini benih ikan yang akan di salurkan diantaranya benih ikan Nila sebanyak 50 ribu ekor, benih Patin sebanyak 35 ribu ekor, benih ikan lele sebanyak 40 ribu ekor, dan Benih ikan Girame sebanyak 10 ribu ekor.

 

Dikatakannya, melalui dana APBD yang akan mendapatkan bantuan penyaluran benih ikan dari DiskanKP sebanyak sepuluh sampai lima belas Pokdakan.Kamis (21/01/2021).

 

” Kalau mau mengikuti keinginan, kami dari DiskanKP ingin membantu Penyaluran benih ikan ke Pokdakan sebanyak – banyaknya untuk di Tahun ini,” Ucapnya Plt.Kepala Bidang Produksi Perikanan Dian Nopita, S.Pi.

 

Lanjut Nopi, selain menyalurkan benih ikan, pada tahun 2021 ini Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DiskanKP) juga menganggarkan pembuatan Kerambah Jaring Apung (KJA), Cetak kolam tanah, Dan Paket Bioflok.

 

” Pengajuan yang masuk di tahun 2021 ini dari Pokdakan yang paling dominan yaitu cetak kolam tanah dengan Kerambah Jaring Apung (KJA),” Tambahnya.

 

Tak hanya menyalurkan benih ikan untuk dikonsumsi, DiskanKP juga akan mempasilitasi bagi Pokdakan yang hendak membudidayakan ikan hias.

 

” DiskanKP juga akan mempasilitasi, Pokdakan yang ingin mengajukan Proposal indukan ikan hias, seperti, ikan mas koki, dan ikan koi, ke BBAT Sungai Gelam,” Ujar Novi.

 

Dirinya juga berharap, semoga pengajuan anggaran yang akan diajukan pada tahun ini dapat terealisasi dan dapat berjalan dengan yang telah di rencanakan.

 

” Kita sama-sama berharap, dengan Penyaluran benih ikan ke Pokdakan dimasa Pandemi ini, dapat membantu ekonomi masyarakat,” Tutup Novi.

 

Total keseluruhan Anggaran yang di ajukan di Tahun 2021 ialah sebesar 399 juta rupiah termasuk biaya pemeliharaan Balai Benih Ikan Simpang Karmio.(DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: