Hadir Panen Raya Jagung Manis, Sekda Batanghari : Pemkab Akan Suport Petani

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Sekertaris Daerah H Muhammad Azan SH wakili Bupati Batanghari hadir pada kegiatan panen raya jagung manis yang di laksanakan oleh kelompok tani sumber sari.

 

Kegiatan tersebut berpusat di lokasi kebun kelompok tani sumber sari yang berlokasi di desa simpang karmio Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari, Jambi. Rabu (15/09/2021).

 

Hadir juga pada kesempatan panen raya tersebut, Asisten II Setda Batanghari, Kadis Pertanian dan Holtikultura, Kabag SDA, Sekdes Simpang Karmio, dan Para tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Sekda Muhammad Azan mengatakan Pemerintah Kabupaten Batanghari akan selalu siap membantu dan mensuport masyarakat khususnya dibidang pertanian.

 

” Kita dari pemkab batanghari melalui dinas pertanian dan holtikultura akan selalu mensuport, mendampingi, dan memberi motivasi kepada seluruh kelompok tani demi terwujudnya Visi dan Misi Batanghari Tangguh,” Katanya.

 

Sekda juga menambahkan, kepada para petani untuk jangan pernah merasa segan untuk menjalin komunikasi dengan pejabat di pemerintahan apabila ada kendala serta pembahasan di sektor pertanian.

 

” Sebagai kelompok tani yang baik harus juga ikut kaidah pemerintah dalam hal aturan yang sudah dibuat dalam Perda terkait sektor pertanian,” Sambung Azan.

 

Masih kata Azan, untuk APBD tahun 2022 mendatang, setiap kecamatan akan mendapatkan dana anggaran makan minum guna membantu membeli hasil olahan dari para kelompok tani.

 

” Insya Allah, untuk tahun 2022 mendatang Pemkab juga sudah mengarahkan agar setiap Kecamatan membeli karya-karya dari kelompok tani dalam bentuk olahan seperti emping, kerupuk ataupun keripik,” Tandasnya.

 

Ditempat yang sama, Irsadul Ngibat petani Jagung Manis menyampaikan, kelompok tani Sumber Sari ini juga menjalin kerjasama dengan pihak PT. East Seed Indonesia (Panah Merah) dalam bidang pembibitan.

 

“Alhamdulillah ini merupakan panen raya yang pertama dari kelompok tani jagung kami,” Tuturnya.

 

Dirinya juga menjelaskan, untuk luas lahan yang saat ini dikelolah oleh kelompok tani Sumber Sari yaitu sekitaran Satu Haktar dan semua ditanamkan dengan Lima Macam jenis tanaman Jagung Manis.

 

Irsadul juga berharap, kedepannya tidak hanya melakukan kerjasama dengan pihak PT Tanah Merah saja, melainkan juga suport dari pemerintah kabupaten.

 

“Kami sebagai petani sangat berharap setelah panen ini akan ada bantuan dari pemerintah yang turun ke lahan pertanian kami sekaligus memberikan bimbingan maupun bantuan pupuk,” Tutup pria yang merupakan pemilik lahan Utama tersebut.

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: