Memasuki Musim Kemarau, Polsek dan Lurah Mendahara Ilir Tinjau Kelengkapan Pos Damkar

JURNALELITE.CO.ID,TANJABTIMUR – Kepolisan Sektor (Polsek) Mendahara bersama Lurah setempat melakukan pengecekan mesin pemadam kebakaran di Pos Damkar Kecamatan Mendahara Ilir.

 

Kegiatan tersebut, Dihadiri oleh Kapolsek Mendahara Iptu Rahmat Damaiandi, SH, didampingi Kasium Aipda Djoko Purwanto, Anggota Polsek Mendahara, BKTM Desa Merbau dan Desa Bhakti Idaman Aiptu Abdul Hadi.

 

Selain itu, turut hadir juga Lurah Mendahara Ilir Saleh, dan Kasi Trantib Kecamatan mendahara Samasudin, SH, beserta 5 orang anggota Damkar kecamatan dan Kelurahan.

 

Pada kegiatan tersebut Kapolsek Mendahara Iptu Rahmat Damaiandi,SH, hanya memastikan kelengkapan dan kesiap siagaan apabila terjadi kebakaran diwilayah kerja polsek setempat.

 

” Kami dari Polsek Mendahara hanya melakukan pengecekan kesiap siagaan mesin Damkar beserta perlengkapan nya,” Katanya.Jum’at (26/02/2021).

 

Lanjut Kapolsek, Pengecekan Peralatan Pemadam Kebakaran serta kelengkapan lainnya sebagai Pendukung situasi darurat
dalam Pencegahan dan Penangulangan kebakaran Di Kecamatan Mendahara.

 

” Kesiapan Damkar dalam menghadapi kebakaran yakni berupa mesin Jinjing Merk Yamoto 1 Unit, Mesin Pemadam Apung Merk Honda 1 Unit, beserta Selang Hisap 1 Buah 10 Meter, Selang Buang panjang 300 Meter,” Tambah Rahmat.

 

Tak hanya melakukan pengecekan, Rahmat juga akan berkoordinasi dengan pihak Damkar dan Trantib agar mengantsipasi apabila terjadi kebakaran lahan, pemukiman, warga maupun hutan.

 

” Kami dari Polsek Mendahara tidak bosan – bosannya menghimbauan kepada seluruh Masyarakat apabila membuka lahan perkebunan tidak dengan cara membakar,” Paparnya.

 

Selain itu diharapkan juga kepada masyarakat jangan membuang puntung rokok yang sedang menyala di tumpukan sampah kering atau membakar sampah dengan tidak hati – hati.

 

” Kemudian, Masyarakat Mendahara diharapkan meningkatkan kewaspadaan disaat terjadi pemadaman listrik, apabila menyalakan lilin atau lampu tepok,” Tutup Kapolsek Mendahara.

 

Ditempat yang sama Kasi Trantib Samasudin, SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolsek Mendahara beserta anggota dan Lurah Mendahara Ilir yang telah melakukan pengecekan mesin dan peralatan di pos Damkar kecamatan mendahara.

 

” Kami dari pos Damkar kecamatan dan kelurahan akan selalu siap siaga dan selalu melakukan pengetesan terhadap mesin pemadam kebakaran tersebut,” Ucapnya.

 

” Namun kami juga menghimbau kepada seluruh Masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan berhati – hati disaat musim panas, jangan sembarangan membakar lahan, dan lain sebagainya.”Tutup Samsuddin.

Reporter: Indra Lesmana

%d blogger menyukai ini: