Puskesmas Penerokan Diliburkan Sementara, Seluruh Tenaga Medis Akan di Rapid Test

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Dikabarkan Puskesmas Penerokan dan Pustu Bajubang yang berlokasi di Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, Jambi akan diliburkan mulai tanggal 28 juni hingga 12 juli 2020 dan untuk pelayanan sementara dialihkan ke Puskesmas Batin dan Puskesmas Muara Bulian.

 

Belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, salah satu sumber yang begitu akurat, kepada JurnalElite.co.id mengatakan, msalah ini berhubungan dengan adanya pasien yang positif tertular Wabah Covid-19 beberapa hari lalu.

 

” Sebelumnya pasien asal Kelurahan Bajubang telah dirawat selama beberapa hari di Puskesmas Penerokan, tapi pasien tidak mau jujur sebelumnya mempunyai riwayat perjalanan ke luar Daerah,” Kata sumber yang tidak mau disebutkan identitasnya.

 

Setelah itu, lanjut sumber, setelah dirawat beberapa hari pasien di rapid test reaktif, hingga menjalani isolasi dan di Uji Swab dengan hasil positif terpapar Covid-19.

 

” Pihak Puskesmas jadi cemas semua karena pasien tidak jujur, dan akhirnya seluruh petugas puskesmas dirapid test semua untuk memastikan kesehatan mereka dan kabarnya ada yang reaktif Rapid Test,” tambahnya.

 

Sebanyak kurang lebih 40 orang tenaga medis Puskesmas Penerokan dan Pustu Bajubang telah di lakukan Rapid Test dan saat ini masih menunggu hasil Uji Swab.

 

” Besok rencananya akan dilakukan Rapid Test semua petugas kesehatan yang berkerja di wilayah Puskesmas penerokan.” Tutup sumber.

 

Sementara itu, kepala Puskesmas Penerokan saat dikonfirmsi Via telepon genggam pribadinya mengaku adanya pemberitahuan pengalihan pelayanan.

 

” Iya bang, sebelumnya kami juga sudah diliburkan untuk menyeterilkan Puskesmas dan Pustu demi menghambat penularan Covid-19 di Area tersebut,” Kata Drg Gusrinety.

 

” Sudah itu saja bang penjelasan dari saya. Saya tidak berani berkomentar banyak karena itu bukan hak saya untuk memberikan tanggapan tapi hak Dinas, abang langsung saja minta keterangan dengan pihak terkait,” tutup Gusri.

 

Sebelumnya pasien YM yang terkonfirmsi setelah jalani Uji Swab, pernah menginap dan dirawat oleh para tenaga medis Puskesmas Penerokan selama beberapa hari.

 

Saat ini pasien YM yang positif tertular Covid-19 sudah diisolasi dan dirwat di RSUD HAMBA muara bulian. Setelah itu beberapa hari kemudian menyusul tiga orang pasien yang terpapar covid-19 dan tidak lain ketiga pasien tersebut merupakan keluarga dekat YM.

 

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut, bahwasanya besok akan dilkaukan Konferensi Pers.

 

” Besok kita akan Jumpa Pers di Posko.” Kata sehan dan Elfie melalui pesan WhatsApp. Minggu (28/06/2020) malam.

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: