Pemkab Batanghari Salurkan Program KUBE Ke Masyarakat Kurang Mampu

JURNALELITE.COM, BATANGHARI – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial (Dinsos) Batanghari menyiapkan bantuan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Tahun 2020 untuk masyarakat yang tergolong yang kurang mampu di ruang lingkup Kabupaten Batanghari.

Kepala Dinas Sosial Fauzan, melalui Kepala Bidang Perlindungan Sosial Kabupaten Batanghari, Sudirman Saufi saat di konfirmasi awak media Senin (06/01/2020) mengatakan, Bahwa untuk tahun 2020 ini program Kelompok Usaha Bersama ( Kube ) yang di usulkan melalui APBD Kabupaten Batanghari berupa ternak itik petelur di perkirakan sebanyak 1800 ekor itik petelur atau senilai dengan Rp 171.000.000,- dan persediaan makanan ternak sebanyak 60 karung pakan ternak di perkirakan sebesar 18.000.000.

” Sama seperti di tahun lalu program KUBE berupa ternak itik petelur, Akan tetapi di tahun 2020 ini kita mengusulkan peningkatan bantuan di bandingkan tahun sebelumnya,” Paparnya.

Sudirman juga menambhakan, Program KUBE di Tahun 2019 lalu telah terealisasi di dua kecamatan yaitu di Kecamatan Pemayung Desa Simpang Kubu Kandang dan Kecamatan Muara Tembesi Desa Pematang Lima Suku sebanyak 1200 ekor itik petelur dengan biaya sebesar 114.000.000.

” Untuk di Tahun 2020 ini Dinas Sosial masih menunggu proposal Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) dari setiap Kecamatan yang ingin berternak itik petelur.” Tambahnya.

Kabid Perlindungan juga berharap kepada kelompok Usaha Bersama melalui program seperti ini kedepannya akan terbentuk suatu industri yang mampu menunjang perekonomian setiap anggota kelompok.

” Untuk penerima program KUBE ini diharapkan agar bantuan ternak berupak itik petelur ini di berdayakan dan di rawat supaya dapat membantu perekonomian bagi setiap anggota.” Harap Sudirman yang akrab di panggil Pak De.

Untuk di ketahui program KUBE ini adalah Kelompok Usaha Bersama yang merupakan salah satu program Pemerintah yang ada pada Kementerian Sosial RI khususnya di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.( DD )

Editor : Rudi Siswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: