Wabup Bakhtiar Tutup Secara Resmi Sekolah Lapang Iklim Operasional di Desa Danau Embat

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar SP hadiri syukuran pane bersama sekaligus menutup secara resmi kegiatan sekolah lapang iklim Oprasional tahun 2021.

 

Kegiatan tersebut Berpusat di lahan persawahan kelompok tani Lebung Kato Ati, RT 07/03 desa Danau Embat,Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari, Jambi. pada Senin (27/09/2021).

 

Hadiri juga pada kesempatan tersebut, Asisten II Setda Batanghari, Kadis Pertanian dan Holtikultura, Camat Maro Sebo Ilir, Kapolsek, Kades Danau Embat, dan Para tamu undangan lainnya.

 

Dengan mengusung tema “PETANI CERDAS IKLIM , PANEN BERKUALITAS TIAP MUSIM” para kelompok tani didesa setempat bekerja sama dengan petugas BMKG provinsi Jambi.

 

Kegiatan sekolah lapang iklim Oprasional ini juga bertujuan agar para petani yang mengikuti program tersebut dapat memahami iklim saat menanam dan meningkatkan hasil panen para petani.

 

Dalam sambut Wakil Bupati H Bakhtiar menyampaikan ucapan terima kasih telah memberikan pemahaman kepada para kelompok tani dalam memahami iklim saat bercocok tanam benih padi.

 

” Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Stasiun Klimatologi Muara Jambi beserta seluruh jajaran, atas terselenggaranya Sekolah Lapang Iklim ini,” Ujarnya.

 

Lanjut Wabub, Fakta membuktikan bahwa dimasa Pandemi Covid-19, yang masih berlangsung hingga saat ini, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu tumbuh, baik dari segi produksi, maupun volume ekspor.

 

” Dengan adanya pelatihan ini dapat menjadi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang bermanfaat bagi seluruh kelompok Tani dan Penyuluh untuk meningkatkan produksi usaha tani,” Tambah Bakhtiar.

 

Bahktiar juga berharap agar ilmu pertanian yang di dapat ini untuk diinplentasikan serta disebarluaskan keseluruh petani dan pelaku usaha tani yang lainnya.

 

” Semoga upaya dan kerja keras kita semua dapat membawa kebaikan bagi seluruh warga Kabupaten Batanghari,” Tandasnya.

 

Sementara itu, Kepala desa Danau Embat Mansur mengatakan panen bersama ini merupakan kegiatan panen padi priode kedua di Tahun 2021 dan kali pertamanya bekerjasama dengan pihak BMKG.

 

” Untuk panen pertama telah dilaksanakan tiga bulan yang lalu, akan tetapi saat itu kita belum bekerja sama dengan pihak BMKG,” Sampainya.

 

” Alhamdulillah setelah bekerjasama dengan BMKG, pada panen priode kedua ini hasil panen padi bersama di kelompok lebung kato ati meningkat 2,2% dari priode pertama,”Tutup Mansur.

 

Diakhir kegiatan Wakil Bupati, bersama dengan perwakilan BMKG dan Kades memberikan cendramata terhadap kelompok tani yang berprestasi selama sekolah lapang iklim berlangsung.

%d blogger menyukai ini: