Sekda Arahkan Setiap OPD Berdayakan Hasil Olahan UMKM Batanghari

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Dalam rangka pengembangan dan membantu pelaku usaha di Kabupaten Batanghari, Sekertaris Daerah mengarahkan OPD dilingkungan pemkab setempat untuk membeli hasil olahan dari pelaku UMKM.

 

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah H Muhammad Azan SH usai membuka kegiatan grand final lomba desain motif dan literasi batik khas Batanghari beberapa waktu lalu.

 

” Iya, nanti kita akan mengarahkan kepada kawan-kawan Kepala OPD untuk tahun anggaran tahun 2022 agar membeli hasil olahan dari para pelaku UMKM,” Ujarnya. Jum’at (17/09/2021).

 

Tak hanya hasil olahan makanan, para pelaku UMKM juga dapat menawarkan hasil olahan kerajinan tangan dalam hal ini berbentuk bahan pembersih kantor dan sebagainya kepada setiap OPD.

 

” Kalau memang ada pelaku UMKM kita yang sanggup menyediakan kebutuhan alat pembersih kantor seperti Sapu, Kemoceng dan sebagainya mengapa tidak, akan kita arahkan juga,” Tuturnya.

 

Selain itu, bagi para pelaku UMKM juga harus mengikuti standar peraturan Pemda Batanghari mulai dari perizinan, memiliki NPWP, dan persyaratan legalitas lainnya.

 

” Siapkan saja bahan persyaratan perizinannya, nanti pihak diskoperindag yang akan mengorganisir dan mengarahkan pelaku UMKM untuk mengurus perizinan,” Demikian Azan.

 

Ditempat yang sama, Plt Kadis Koperindag Drs H Hendri Jumiral MM mengatakan, saat ini ada sekitar 12 ribu UMKM yang terdaftar di Dinas Koperindag Batanghari.

 

” Terdata di kita ada sekitar 12 ribu pelaku UMKM Se-kabupaten Batanghari dan semua telah mendapat bantuan baik itu dari pusat maupun dari daerah,” Ucapnya.

 

” Dalam setiap tahun juga kami dari Dinas Koperindag melakukan bimbingan teknis kepada para pelaku UMKM yang ada di Batanghari,” tandasnya.

%d blogger menyukai ini: