Kabar Gembira..!!! Ini Syarat Pelaku UMKM yang Belum Dapat Bantuan

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Koperindag setempat telah menyiapkan anggaran yang bersumber dari dana APBD sebesar 1,5 Milyar untuk 1234 pelaku UMKM.

 

Bantuan tersebut Berdasarkan peraturan Bupati Batanghari Nomor 31 tahun 2021 Tentang pemberian stimulus ekonomi kepada pelaku usaha dalam rangka penanganan dampak ekonomi akibat Covid-19.

 

Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Batanghari Drs H Iskandar, M.Pd saat diwawancarai media ini di ruang kerjanya, pada Senin (28/06/201).

 

Dikatakan Iskandar, Peraturan Bupati (Perbub) terkait pemberian bantuan stimulus ekonomi kepada para pelaku UMKM diwilayah Kabupaten setempat baru selesai dibuat dan diterima.

 

” Kita telah menerima Pebub dan saat ini kita juga masih mempersiapkan data pendukung sekaligus akan membuat surat edaran ke delapan kecamatan diwilayah Kabupaten Batanghari,” Ujarnya.

 

Masih kata Iskandar, bantuan stimulus ini berlaku kepada para pelaku UMKM yang belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan baik dari Pemerintah Pusat maupun pemkab batanghari.

 

Dan juga pada disurat edaran nantinya juga akan melampirkan data – data yang telah menerima bantuan UMKM baik dari pusat maupun dari kabupaten tahun lalu untuk sebagai bahan acuan pendataan.

 

” Untuk syarat pengajuan bantuan UMKM yakni Surat permohonan dari Desa atau Kelurahan, Foto copy KTP, foto copy KK, Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Kelurahan atau Desa, foto pemilik dan ditempat usaha,terakhir surat pertanggung jawaban mutlak dari pelaku UMKM,” Paparnya.

 

Selanjutnya, Kuota penyaluran di masing – masing Kecamatan yang akan mendapat bantuan stimulus ekonomi juga akan bervariasi sesuai banyaknya para pelaku UMKM diwilayah setempat.

 

Seperti dikecamatan Pemayung pelaku UMKM yang akan mendapat bantuan yakni sebanyak 259, Bajubang 142, Muara Tembesi sebanyak 206, Batin XXIV 91, MSI 49, MSU 56, mersam sebanyak 79.

 

” Untuk dikecamatan Muara Bulian yang akan mendapat bantuan yakni sebanyak 352 pelaku UMKM dan paling banyak dari Kecamatan lainnya,” Terang Iskandar.

 

Tak hanya itu, tata cara penyaluran bantuan juga akan melalui cara non tunai, yakni apabila disetujui oleh Bupati baru pihak Diskoperindag akan menghubungi calon penerima bantuan melalui Pemerintah Kecamatan dan Desa.

 

” Setelah di verifikasi oleh Tim seleksi yakni Asisten II Setda Batanghari, dan telah disetujui Bupati, baru calon penerima akan dihubungi kembali untuk membuat rekening di bank 9 Jambi,” Tutup Iskandar.

 

Untuk Diketahui jadwal target berkas pengajuan bantuan pelaku UMKM APBD ini selambat – lambatnya telah masuk ke Dinas Perindagkop yakni pada akhir bulan juli dan akan di proses verifikasi serta penyaluran pada Agustus mendatang.

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: