Wakili Bupati, Sekda Batanghari Pimpin Apel Gabungan Satgas Karhutla

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Memasuki musim panas yang diprediksi akan datang pada bulan juli mendatang, Pemkab Batanghari menggelar apel gabungan Satgas klaster Karhutla.

 

Berpusat di arena Exs MTQ Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi, Sekertaris Daerah H Muhammad Azan wakili Bupati Batanghari pimpin langsung apel Gabungan Satgas klaster tersebut. Rabu (23/06/2021).

 

Hadir juga pada apel kesiapan Karhutla Unsur Forkopimda, para camat, stake holder terkait, dan Para tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan seperti yang diketahui untuk wilayah Kabupaten Batanghari sendiri ada beberapa titik yang tercatat sebagai wilayah rawan terjadinya Karhutla.

 

” Untuk mengantisipasi hal tersebut itulah tugas dari tim Karhutla di setiap klaster, yang telah di bagi pada beberapa titik rawan kebakaran,” Ujarnya.

 

Lanjut Azan, dampak serta akibat dari Karhutla itu sendiri selain merusak lingkungan juga akan berpengaruh kepada seluruh masyarakat di sekitarnya.

 

” Selain mengalami kerugian bagi pemilik lahan atau kebun, dampak dari Karhutla ini juga akan menimbulkan asap yang dapat menggangu saluran pernapasan seluruh masyarakat,” Sambungnya.

 

Maka dari itu dibutuhkan kesiap siagaan bagi seluruh personil tim siaga Karhutla di setiap klaster apabila ada pengaduan dan terdeteksi adanya titip api segelah bergerak.

 

Mengingat perkiraan dari data BMKG awal Juli mendatang Kabupaten Batanghari akan memasuki musim panas maka dari itu dipersiapkan sekitar 105 personil dan 15 unit mobil pemadam kebakaran.

 

” Melalui apel kesiapan ini diharapkan kepada seluruh personil berikut kendaraan untuk selalu stenbay dan memonitor diwilayah klaster masing-masing, dan cepat tanggap apabila terjadi musibah kebakaran,” Tutup Azan.

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: