Debit Sungai Batanghari Meningkat, BPBD Naikan Status Siaga Banjir

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini membuat ketinggian debit air di sungai Batanghari semakin meningkat.

 

Hal ini mengakibatkan meluapnya anak sungai bahkan terjadi genangan air di beberapa pemukiman warga yang berada di lokasi dataran rendah.

 

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Batanghari pertanggal 30 Maret 2021 lalu, telah tercatat sebanyak 28 pekarangan rumah warga yang telah tergenang air bahkan hampir memasuki rumah warga.

 

Kepada media ini Plt Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Batanghari Syar’i Saman, melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Ahmad Ependi mengatakan Dari 8 Kecamatan hanya wilayah Kecamatan Bajubang yang dikategorikan aman dari bencana banjir.

 

” 7 Kecamatan rawan banjir diantaranya Kecamatan Maro Sebo Ulu, Mersam, Muara Tembesi, Maro Sebo Ilir, Batin XXIV, Muara Bulian dan Pemayung,” Katanya.

 

Lanjut Pendi, saat ini rumah warga yang telah terendam banjir yakni di Kecamatan Muara Tembesi dan di Kecamatan Muara Bulian dan rata-rata rumah tidak bertiang.

 

” Untuk per-hari ini Jum’at (02/03/2021) ketinggian air sungai Batanghari telah mencapai 342cm atau bisa dikategorikan dengan Siaga II (Kritis),” Sambungnya.

 

Selanjutnya, apabila debit air semakin tinggi akan pihak TRC – BPBD akan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan Kelurahan untuk mendata rumah warga yang terendam banjir.

 

” Untuk saat ini belum ada Pemerintah Desa atau Kelurahan yang mengajukan permohonan untuk memasang tenda darurat,” Terang Pendi.

 

Dirinya juga menghimbau, kepada warga yang berada di dataran rendah, agar bersiap siaga kalau terjadinya bencana banjir di pemukiman warga serta selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa.

 

” Mewaspadai hujan lebat untuk wilayah yang rawan longsor dan Banjir serta angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang,” Tandasnya. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: