27 Unit Mesin Power Tresher akan Disebar 7 Kecamatan di Batanghari

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Sebanyak 27 unit mesin Power Tresher (Perontok Padi) tiba di Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Batanghari pada Rabu pagi (17/03/2021).

 

 

Saat di konfirmasi diruang kerjanya, Kabid sarana prasarana (Sarpras) Dinas Pertanian dan Holtikultura, Ir Darwin Nasution mengatakan pengadaan mesin Power Tresher ini bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2021.

 

 

” Pengadaan 27 unit yang datang pada hari ini dialokasikan melalui APBD sebesar 504.252.000,” Ujarnya.

 

 

Lanjut Darwin, mesin perontok padi ini akan di sebarkan di 7 Kecamatan yang berada di Kabupaten Batanghari.

 

 

” Ada satu kecamatan yang tidak dapat bantuan mesin ini, karena sawah yang aktifnya hanya seluas 2 hektar yakni di Kecamatan Bajubang,” Tambahnya.

 

Dirinya juga berharapan dengan bantuan mesin perontok padi ini dapat membantu meringankan kerja dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

 

” Mudah – mudahan nanti dengan diberikan bantuan mesin ini proses pemanenan padi akan lebih cepat, dan mutu dari hasil panen lebih baik lagi,” Harap Darwin.

 

 

Terkait persoalan kapan akan diserahkan bantuan mesin tersebut, Darwin juga menyampaikan, Dinas Pertanian dan Holtikultura masih membuat nota Dinas agar Bupati dapat menyerahkan langsung ke calon penerima bantuan.

 

 

” Diperkirakan paling lambat bulan April mendatang mesin Power Tresher ini akan kita salurkan ke Kelompok tani yang akan menerima bantuan.” Pungkasnya.

 

 

Untuk di ketahui Pengadaan mesin perontok padi ini di mulai dari tahun 2012 lalu, diperkirakan kebutuhannya sebanyak 482 unit kebutuhan mesin Power Tresher, dan telah tersalurkan sebanyak 226 unit diluar dari 27 unit yang baru datang sekarang. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: