BKTM Gencar Sosialisasikan Karhutla 2 Desa di Kecamatan Mendahara

JURNALELITE.CO.ID,TANJABTIMUR – Babin Kamtibmas (BKTM) Desa Pangkal Duri dan Desa Pangkal Duri Ilir, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus sosialisasikan tentang bahaya Karhutla kepada masyarakat sekitar.

 

Hal ini dikarenakan untuk menumbuhkan rasa kesadaran di masyarakat akan arti bahayanya membuka lahan baru dengan cara di bakar dan mengingat cuaca yang saat ini cenderung panas jadi potensi terjadinya kebakaran sangat tinggi.

 

Kepada media ini, Brigadir Nova Sofyan, BKTM di wilayah tersebut menyampaikan, Polsek Mendahara melalui BKTM selalu berkoordinasi dengan PemDes setempat terkait penanganan pencegahan Karhutla dan waspada bahanya musibah kebakaran pemukiman warga.

 

” Kepada seluruh Masyarakat di wilayah kerja saya, yakni Desa Pangkal Duri dan Desa Pangkal Duri Ilir agar tidak membuka lahan perkebunan dengan cara di bakar,” Ujarnya. Senin (01/03/2021).

 

Dimusim kemarau saat masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan pada saat membakar sampah dan membakar batok tempurung diarea perkebunan.

 

” Jangan sampai lalai dan lengah karena akan berakibat fatal, serta tidak sembarangan membuang puntung rokok yang sedang menyala pada kondisi cuaca panas saat ini,” Tambahnya.

 

Tak hanya itu, Nova Sofyan juga menghimbau kepada para emak – emak agar berhati – hati apabila sedang beraktivitas di dapur, dan tidak meninggalkan api kompor yang sedang menyala.

 

” Pastikan api kompor gas dan api dapur anglo (tungku bara api) sudah padam apabila selesai masak – memasak di dapur baru di tinggalkan.” Pungkasnya.

 

Untuk di ketahui membakar merupakan perbuatan yang melanggar hukum yakni tertera dalam pasal 59 ayat 1 dipidana penjara 20 tahun dan denda paling banyak 10 milyar.

Reporter : Indra Lesmana

%d blogger menyukai ini: