Di Temukan Titik Api di Kumpe Ilir, Kapolres Muaro Jambi Terjun Langsung Padamkan Api

JURNALELITE.CO.ID,MUAROJAMBI – Polres Muaro Jambi kembali melaksanakan kegiatan Patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di areal konsesi PT. Pesona Rimba Belantara Desa Betung Kecamatan Kumpeh Ilir yang dipimpin langsung oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto.

 

Lokasi ini merupakan salah satu pemicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat dari aktifitas perambahan hutan (illegal logging).

 

Masyarakat pencari ikan yang merokok dan memasak di lokasi turut menjadi pemicu terjadinya karhutla sehingga sangat berpotensi menimbulkan titik api dan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

 

Menurut Ardiyanto apabila pihaknya menemukan aktifitas perambahan hutan (illegal logging), tim yang bertugas harus memperkirakan situasi yang ada dilapangan.

 

” Kita ketahui para pelaku perambahan hutan (illegal logging) menyimpan senjata api rakitan (kecepek) dan senjata tajam dengan alasan untuk melindungi diri dari binatang buas” Ungkapnya, Sabtu (13/2)

 

Tentunya hal tersebut dapat membahayakan, Lebih lanjut Ardiyanto Menghimbauan kepada pelaku perambahan hutan (illegal logging) untuk meninggalkan lokasi.

 

“Tim melakukan pemasangan spanduk Himbauan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 9 (sembilan) titik.” Ujar Kapolres Muaro Jambi.

 

Dimana sebanyak 2 spanduk di pasang di lokasi Kilometer 23, konsesi Ex. HPH PT. Pesona Rimba Belantara, Masuk lebih dalam setelah di telusuri sepanjang kanal polisi berhasil menemukan tumpukan kayu campuran di lokasi tersebut.

 

” Sebanyak ± 15 (lima belas) kubik jenisnya meranti dan punak .dan selanjut Barbuk tersebut dibawa ke polsek kumpe ullu.” Imbuhnya.

 

Tim juga melakukan pemadaman terhadap titik api dilokasi, api berhasil dipadamkan dan diduga api berasal dari masyarakat yang beraktifitas mencari ikan dilokasi tersebut.

%d blogger menyukai ini: