Status Siaga Darurat, BPBD Batanghari Himbau Masyarakat Waspada Banjir

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini membuat ketinggian air sungai Batanghari terus meningkat.

 

Hal itu terlihat di beberapa titik rawan bencana banjir sudah di genangi air, akibat luapan dari sungai Batanghari, dan status pun ditingkatkan menjadi siaga darurat.

 

Saat di konfirmasi, Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari Syamral Lubis menyampaikan status Sungai Batanghari saat ini menjadi Siaga Darurat karena ketinggian debit air terus meningkat.

 

” Saat ini status sungai Batanghari menjadi Siaga Darurat, karena ketinggian debit air selalu bertambah di setiap pengukuran dalam kurun waktu beberapa hari terakhir ini,” Ujarnya.

 

Lanjut Syamral, kemarin sore (Sabtu, 16/01/2021) pukul 17.00 WIB saat melakukan pungukuran ketinggian air mencapai 279 cm, dan pada hari ini, Minggu (17/01/2021) kembali melakukan pengukuran, ketinggian air telah mencapai 290 cm.

 

” Diharapkan kepada masyarakat yang bermukim di bantaran Sungai Batanghari dan lokasi rawan banjir untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tanda – tanda terjadinya banjir, bahkan terjadinya bencana tanah longsor,” Tambahnya.

 

” Di Kabupaten Batanghari sendiri ada sekitar 86 Desa dan Kelurahan tersebar di tujuh Kecamatan yang lokasi pemukiman masyarakatnya rawan terjadinya bencana banjir.” Tutup Syamral. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: