Anggaran Pilkades Serentak di Batanghari Meningkat, Ini Kata Kadis PMD

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Dimasa pendemi Covid-19, Anggaran yang diperuntukan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara Serentak di Kabupaten Batanghari sebanyak 6,4 Milyar.

 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh M Arif Budiman selaku kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten setempat pada saat rapat lintas komisi. Selasa (05/01/2021).

 

Dikatakannya, Sebelum Permendagri No 72 Tahun 2020 terbit untuk anggaran Pilkades yang telah di sepakati pada rapat bersama Camat hanya sebesar 1,7 Milyar dengan menggunakan metode E-voting.

 

” Dan Setelah Permendagri tersebut terbit ada beberapa Item penambahan yang membutuhkan anggaran lumayan besar dan itu menjadi beban bagi kita,” Kata Arif.

 

Ia juga menyampaikan, Salah satu penambahan anggaran diantaranya terjadi penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak mendatang.

 

” Dari 62 Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak jumlah TPS sebelumnya hanya 64 TPS menjadi 292 TPS sesuai dengan pemetaan disetiap Kecamatan,” Tambahnya.

 

” Dengan adanya penambahan tersebut tentunya akan terjadi penambahan biaya KPPS, pembuatan bilik, biaya logistik dan biaya lain – lain,” Papar Arif.

 

Tak hanya itu, Arif Budiman juga mengatakan, setelah melakukan perekapan Anggaran dan juga telah di sampaikan ke Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) bahwa adanya penambahan Anggaran Pilkades dari 1,7 Milyar menjadi 6,4 Milyar.

 

” Kita juga telah mengajukan ke TAPD setempat terkait peningkatan Anggaran yang cukup signifikan, dan kita juga masih menunggu apakah Pilkades bisa di laksanakan di APBD Murni atau di APBD Perubahan,” Katanya.

 

” Apabila anggaran APBD Murni cukup, sesuai yang di rencanakan Pilkades akan di selenggarakan paling lambat di bulan April, dan apabila Anggaran tidak mencukupi kemungkinan besar Pemungutan Suara akan di selenggarakan pada bulan Oktober setelah APBD Perubahan.”Pungkasnya.

 

Sebagaimana diketahui Kabupaten Batanghari terdiri dari 8 Kecamatan 14 Kelurahan, 110 Desa dan yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak dari 110 Desa tersebut sebanyak 62 Desa.(DD)

Editor :Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: