Benteng Tembesi, Saksi Bisu Sejarah Perjuangan Rakyat yang Diabaikan Pemerintah

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Kabupaten Batanghari, Jambi mempunyai sejarah perjuangan Rakyat pada masa kolonial Belanda, Dengan adanya Salah satu saksi bisu dan bukti peninggalan sejarah ” BENTENG ” yang terletak di Kelurahan Muara Tembesi, Kecamatan Muara Tembesi.

 

Bangunan tua yang dibangun pada tahun 1901 pada masa penjajahan tersebut, saat ini tampak kumuh tidak terawat, karena tidak ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Maupun Provinsi.

 

Benteng, yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar, Konon digunakan sebagai markas atau Mess Tentara Keamanan Rakyat ( TKR ) atau sekarang yang dikenal sebagai Tentara Nasional Indonesia ( TNI ).

 

” Zaman dahulu bangunan tersebut ( Benteng-red ) adalah markas TKR yang berjuang mengusir para penjajah di Muara Tembesi ini,” Ujar ST. Bachtiar Oedin, Purnawirawan TKR, kepada Media ini. Kamis (17/12/2020).

 

Sebelum menjadi markas TKR, Benteng tersebut sempat menjadi hunian seorang Sultan yang berasal dari kerajaan Malaka.

 

Peninggalan sejarah ini, lanjut Bachtiar, patut mendapatkan perhatian dan perawatan agar nilai sejarah di Kabupaten Batanghari tidak tertelan oleh Zaman yang semkin hari semakin Moderen.

 

” Bukan kurang perhatian lagi tapi tidak ada sama sekali pemerintah yang peduli sama saksi bisu sejarah,” Ungkapnya.

 

Bangunan dengan nilai sejarah tinggi tersebut sudah selayaknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah agar generasi muda dapat melihat bukti dari kependudukan kolonial belanda yang ada di Muara Tembesi.

 

Selain itu, Benteng tersebut juga berpotensi menjadi wisata sejarah untuk Kabupaten Batanghari yang selama ini belum tercium oleh masyarakat luar Daerah.( Yudha )

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: