Jagoan Banteng Bertumbangan di Pilkada Jambi

JURNALELITE.CO.ID,JAMBI – Empat jagoan banteng moncong putih bertumbangan dalam pertarungan pilkada di Jambi. Hanya dua jagoannya yang menang.

 

Empat kekalahan PDIP itu terjadi di Pilgub Jambi, Pilkada Batanghari, Tanjungjabung Timur dan Tanjungjabung Barat. Sementara dua kemenangan diraih dari Pilwako Sungaipenuh dan pilkada Bungo.

 

Di Pilgub Jambi, pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh yang diusung dua partai besar: Golkar dan PDIP saat ini masih tertinggal dari pasangan Al Haris – Abdullah Sani yang didukung PAN, PKS dan PKB dalam perhitungan real count KPU yang telah mencapai 96,25 persen hingga Senin, 14 Desember 2020 jam 18:28.

 

Pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh saat ini meraih 37,5 persen tertinggal tipis dari Al Haris – Abdullah Sani yang meraih 37,8 persen.

 

Begitu pula pasangan di Pilbup Batanghari. Pasangan Yunninta Asmara – Mahdan (YAMAHA) didukung oleh 4 partai koalisi: Golkar, PDIP, Perindo, dan Gerindra juga dikalahkan pasangan Fadhil Arief – Bakhtiar. Berdasarkan perhitungan real count KPU hingga saat ini, pasangan Yunnita – Mahdan baru meraih 30,3 persen tertinggal jauh dari pasangan Fadhil – Bakhtiar yang telah meraih 37,8 persen.

 

Di Pilbup Tanjungjabung Timur Abdul Rasid dan H Mustaqim diusung tiga partai politik: PDIP, Nasdem dan PBB kalah telak duel melawan Romi Haryanto – Roby yang hanya maju lewat jalur independen. Pasangan Rasid – Mustaqin hanya meraih 23,7 persen sementara lawannya telah meraup suara 76,3 persen.

 

Sementara Pilbup Tanjungjabung Barat, pasangan Mulyani-Amin yang diusung PDIP, Golkar, dan PPP akhirnya kalah melawan Anwar Sadat – Hairan yang didukung 3 parpol yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mulyani sebelumnya adalah Ketua DPRD Tanjung Jabung Barat sekaligus adik kandung Bupati Tanjungjabung Barat dua periode, Safrial.

 

Berdasarkan real count KPU, saat ini pasangan Mulyani-Amin meraih 34,2 persen, kalah dari pasangan Anwar Sadat – Hairan yang meraih suara 44,9 persen.

 

Praktis jagoan PDIP hanya menang di Pilbup Bungo dan Pilwako Sungaipenuh. Jagoan mereka yaitu H. Mashuri dan H. Safrudin Dwi Apriyanto (Hamas – Apri) akhirnya menang dalam Pilbup Bungo 2020 dengan meraih 59 persen suara mengalahkan lawannya Sudirman – Erick yang meraih 41 persen suara.

 

Begitu pula di Pilwako Sungaipenuh, Ahmadi Zubir – Alvia Santoni yang didukung PDIP akhirnya menang melawan pasangan calon Fikar Azami – Yos Adrino yang diusung 8 partai koalisi, yaitu partai Demokrat, PAN, Hanura, Gerindra, Nasdem, PKB dan Golkar.

 

Pasangan Ahmadi – Alvia meraih 51,6 persen, sementara Fikar – Yos meraih 48,4 persen.

 

Terpisah, seorang pengamat politik Jambi, Asrul Tanjung, menilai bahwa ini harus jadi evaluasi bagi PDI P untuk kemajuan partai di masa datang.

 

Apalagi, dengan banyaknya jagoan kalah di pilkada, menandakan mesin partai ini relatif kurang bergerak.

 

“Perlu evaluasi mendalam. Sayang kalau PDI P yang kuat di daerah-daerah lain, malah kurang kuat di Jambi. Padahal basisnya cukup banyak,” papar Asrul, putra kelahiran Pauh, Sarolangun ini.

%d blogger menyukai ini: