Antisipasi Kemarau Panjang, Pemdes Simpang Karmio Bangun Pamsimas Untuk Masyarakat

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dinilai sangat penting untuk mencukupi pasokan air bagi masyarakat, Di tengah pandemi Corona virus disiase 2019 (Covid-19).

 

Pamsimas itu sendiri merupakan program nasional dalam sarana penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat di pedesaan, seperti halnya Pamsimas yang sedang dalam proses pembangunan di Dusun 3 Desa Simpang Karmio.

 

Saat di konfirmasi oleh awak JurnalElite.co.id di ruang kerjanya, Supri selaku Sekertaris Desa Karmio yang juga merupakan koordinator dalam pengerjaan Pamsimas menyampaikan program Pembangunan Pamsimas tersebut telah berjalan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya yang telah di rancang terlebih dahulu.

 

” Memang kegiatan pengerjaan pembangunan Pamsimas saat ini Terhenti sudah sekitaran dua minggu, dikarenakan kita masih menunggu pencairan termin tahap kedua,” Ucap Supri. Kamis (27/08/2020).

 

Ia juga menyampaikan, target dari pembangunan Pamsimas itu sendiri bertujuan agar dapat memenuhi kebutuhan air bersih di masyarakat sekitar.

 

” Saat memasuki musim Kemarau yang cukup panjang kebanyakan warga di sekitar areal Pembagunan Pamsimas sekarang yaitu di Rt 05 Dusun 3 Desa simpang karmio sering kali terjadi kekeringan dan masyarakat sulit mendapatkan air bersih,” Tuturnya.

 

” Dan tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat Desa Simpang Karmio dari Dusun 1 dan Dusun 2 dapat juga menikmati sarana air bersih tersebut,” Ujar Supri.

 

Tidak hanya itu, Supri juga mengatakan total masyarakat yang akan mendapatkan sarana air bersih berjumlah 120 KK di sekitar areal bangunan Pamsimas.

 

” Untuk sasaran yang pertama di tahun ini yaitu di Rt 05, Dusun 3 ada sekitar 120 KK yang akan mendapatkan saluran air bersih,” Paparnya.

 

” Kami dari Pemerintah Desa juga berharap kepada masyarakat untuk sama-sama saling bahu membahu pada proses pembangunan Pamsimas tersebut, agar ketersediaan air bersih dapat selalu di nikmati bersama.” Pungkasnya. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: