Tradisi Gotong Royong Warga Pasar Baru di Hari Raya Kurban

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Sudah menjadi tradisi umat islam di seluruh penjuru dunia saat perayaan Hari Raya Kurban (Idul Adha) melakukan prosesi penyembelihan hingga pembersihan hewan kurban secara bergotong royong.

 

Seperti halnya yang dilakukan Warga Rukun Tetangga (RT) 07 dan 15 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Muara Bulian, merayakan Hari Raya Idul Adha dengan kegiatan pemotongan 3 ekor Kambing aqiqah dan 3 ekor Sapi kurban berjalan dengan lancar.

 

Setelah melaksanakan sholat sunnat Idul Adha, Kegiatan gotong royong tersebut diadakan tepat di samping halaman Musollah Al Imran yang berada di ruang lingkup Rt 15. Jum’at (31/07/2020).

 

Ketua panitia pelaksana gotong royong, Parmidi mengatakan, dengan semangat gotong royong yang di lakukan para warga akan menambah erat tali silaturahmi sama warga di lingkungan setempat.

 

” Alhamdulillah, antusiasme gotong royong warga lingkungan RT 07 dan RT 15 sangat kompak dalam melakukan kegiatan tersebut,” Katanya.

 

Dirinya juga berharap, kekompakan seperti ini semoga selalu terjalin, tidak hanya dalam perayaan hari – hari besar Agama Islam, melainkan juga pada kegiatan dalam bermasyarakat.

 

” Semoga warga baik yang berkorban maupun yang menerima hewan kurban sama-sama mendapatkan pahala dari Allah SWT,” Harapnya.

 

” Untuk semua warga maupun panitia yang telah bergotong royong pada kegiatan tersebut saya ucapkan terima kasih, dan tidak lupa juga saya pribadi menghaturkan Minnal Aidin Walfa Izin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin.” Tutup Parmidi.

 

Sementara itu di tempat yang sama, salah satu warga enggan disebutkan namanya yang ikut berkurban pada hari Raya Idul Adha 1441 H juga menyampaikan rasa bersyukur dimasa pandemi Covid-19 masih bisa berpartisipasi ikut serta dalam persatuan hewan kurban di Rt setempat.

 

” Semoga Apa yang telah kita kerjakan pada hari ini mendapatkan Limpahan Rahmat dari Allah SWT. ” Ucapnya.

 

Rangkaian kegiatan dimulai dari proses pemotongan, membersihkan sampai ke pembagian hewan kurban dilakukan secara bergotong royong, dan untuk warga yang menerima hewan kurban tercatat lebih dari 200 kupon, sudah tersalurkan. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: