ASN Tidak di Siplin, Siap – siap Akan Menerima Sanksi dari BKPSDMD

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Sebagai Upaya meningkatkan kedisiplinan Para Aperatur Negeri Sipil (ASN) yang bekerja di ruang lingkup Kabupaten Batanghari, Pemerintah Daerah melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) akan menerapkan sanksi kepada ASN yang tidak disiplin dalam bekerja.

 

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nomor 21 Tahun 2010 tentang ketentuan pelaksanaan PP Nomor 53 Tahun 2010 yang dapat dilihat pada Pasal 7 tentang Tingkat hukuman kedisiplinan ASN tersebut.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Batanghari Mula P Rambe, S.Sos, MH saat di konfirmasi awak media diruang kerjanya. Senin (27/07/2020).

 

Dikatakannya, Peningkatan kualitas kinerja ASN di Batanghari gencar dilakukan dengan adanya aplikasi sikepo yang merupakan absensi kehadiran para ASN untuk optimalisasi kinerja pegawai.

 

” Tingkatan hukuman sanksi disiplin para ASN terdiri dari hukuman teguran, tulisan, hingga penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat bahkan penurunan gaji,” Kata Rambe.

 

Lanjut Rambe, yang berwenang dalam memberi hukuman bagi para ASN yang melanggar disiplin dan yang tidak hadir di kantor saat jam bekerja adalah kepala OPD, dan instansi terkait.

 

” Untuk pemberian sanksi terhadap ASN sudah ada tingkatannya, mulai dari sanksi dengan hukuman ringan, sedang, dan berat, kalau hukuman ringan bisa dengan teguran tertulis, pernyataan tidak puas secara tertulis,dari kepala OPD terkait, dan untuk sanksi yang berat itu sudah menjadi wewenang Pejabat Pembina Kepegawaian,” Tegasnya.

 

Maka dari itu Masing-masing kepala OPD diharapkan untuk menerapkan langkah-langkah sanksi tersebut dan ketika sudah di tindaklanjuti maka pihak BKPSDMD berhak memberikan teguran terhadap ASN yang melanggar disiplin dan bahkan sudah ada yang diberhentikan.

 

” Kami berharap kepada para ASN agar tidak bermain-main saat melaksanakan tugas sebagai ASN, dan kehadiran ASN dapat dipantau dengan sistem SIKEPO,” Harap nya.

 

” Mari kita melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan aturan yang sudah ditentukan agar bisa dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.” Tutup Rambe. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: