Wah, Batubata di Kilangan Terkenal di Jambi, H. Bakhtiar : Kita Jadikan Sentral Batubata di Jambi

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Tidak banyak yang tau ternyata batubata hasil karya masyarakat Kabupaten Batanghari cukup dikenal di Provinsi Jambi. Hal ini dapat dilihat bangsal – bangsal milik warga yang ada di Rt 4 Desa Kilingan, Kecamatan Muara Bulian.

 

Informasi yang dirangkum Jurnalelite.co.id, saat ini, peminat batubata hasil buatan masyarakat setempat bukan hanya diminati masyarakat Batanghari saja melainkan juga masyarakat luar Batanghari, seperti Kota jambi, Kabupaten Sarolangun, Tanjab Timur, Tanjab Barat dan bahkan sampai ke Kabupaten Kerinci.

 

“Alhamdulillah saat ini peminat batubata kita banyak. Apalagi masyarakat Kerinci yang hampir setiap Minggu datang,” kata Sapuri, salah seorang pemilik bangsal Batubata kepada H. Bakhtiar, selaku calon wakil bupati Kabupaten Batanghari, pada acara silaturahmi Minggu malam (12/07/2020).

 

Dia pun berharap, ada upaya dari pemerintah untuk membantu perbaikan jalan di lokasi bangsal agar mobilisasi batubata bisa lancar.

 

“Kalau jalan bagus batubata kami lebih banyak lagi peminatnya,” keluhnya.

 

Ungkapan yang sama juga diungkapkan oleh Prasto. Menurutnya, sebagian besar sumber penghasilan masyarakat setempat berasal dari batubata. Oleh karenanya, jika ada peran pemerintah terhadap usaha tersebut, diyakini pemasukan penghasilan masyarakat setempat bisa bertambah.

 

” Peran pemerintah sangat kami butuhkan sehingga pengelolaan, modal dan bahkan pemasarannya jauh lebih banyak lagi,” sebutnya.

 

Terpisah, H. Bakhtiar, selaku bakal calon wakil bupati Batanghari mengakui kalau santer terkenal lokasi batubata ada di Batanghari berada di Desa Kilangan.

 

Ditegaskannya, dirinya dan Mhd Fadhil Arief (MFA) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di Batanghari. Apalagi, di Desa Kilangan ini ada banyak bangsal batubata.

 

” Ke depan, kalau saya dengan Bapak MFA diamanahkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, maka kita coba menjadikan kawasan ini sebagai sentral batubata di Provinsi Jambi,” kata H. Bakhtiar, yang disambut baik oleh warga.

 

Menurutnya, menjadikan Desa Kilangan sebaga sentra batubata cukup beralasan. Apalagi, pemasarannya sudah sampai ke luar daerah.

 

” Orang ingin beli batubata di Jambi, pasti datang ke Desa Kilangan karena sudah menjadi sentra.” Pungkasnya.(ok)

%d blogger menyukai ini: