Lima Kali Berturut – Turut Bupati Batanghari Raih WTP

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Pemerintah Kabupaten Batanghari kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kelima kali nya setelah menyerahkan hasil laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2019 kepada kepala BPK perwakilan Provinsi Jambi.

 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BPK perwakilan Provinsi Jambi Yuwan Candra Djaisin, SE, MM, CPA, CSFA melalui teleconference kepada Bupati Batanghari Ir Syahirsah, SY dan di saksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Batanghari Anita Yasmin, SE beserta para tamu undangan lainnya. Rabu (24/06/2020).

 

Usai acara penyerahan laporan keuangan Pemerintah Daerah di ruang kaca rumah dinas Bupati Batanghari, Ir Syahirsah SY, dihadapan media membenarkan bahwa Pemerintah Kabupaten Batanghari kembali meraih penghargaan WTP tersebut.

 

” Saya sangat bersyukur dan ini merupakan pertanda yang baik, karna mampu mempertahankan hingga lima kali berturut – turut penghargaan WTP untuk di Kabupaten Batanghari,” Kata Syahirsah.

 

Lanjut Syahirsah, ini juga merupakan tahun terakhir dimasa jabatannya sebagai Bupati Batanghari, dan dirinya berharap siapa pun yang memimpin Kabupaten Batanghari kedepannya agar dapat mempertahankan apa yang telah di raih saat ini.

 

” Saya berharap siapa pun nanti yang terpilih menjadi Bupati Batanghari agar dapat terus mempertahankan Opini WTP tersebut,” Tutup Syahirsah.

 

Sementara itu, untuk pencapaian WTP tersebut, tidak lepas dari peran serta Inspektorat Kabupaten Batanghari sebagai leading sektor dalam pelaksanaan pengawasan internal melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, asistensi dan kegiatan pengawasan lain di lingkungan Pemerintah Daerah.

 

Di tempat yang terpisah Kepala Inspektorat Kabupaten Batanghari, Inspektur Mukhlis, SE, ME, kepada Awak media JurnalElite.co.id juga mengatakan bahwa, mempertahankan suatu penghargaan yang telah di raih sebelumnya merupakan suatu prestasi yang cukup baik di dalam suatu Pemerintahan.

 

” Tadi pagi Bupati Batanghari telah menyerahkan laporan keuangan tahun anggaran 2019 kepada BPK dan alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Batanghari masih di berikan kepercayaan untuk menyandang gelar prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sesuai dengan hasil yang telah di audit oleh Tim BPK sebelumnya, ” Kata Inspektur.

 

lanjut Inspektur, untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tersebut harus memenuhi empat kreteria terlebih dahulu diantaranya, Standar akuntansi pemerintah, Pengungkapan laporan keuangan, Sistem pengendalian pemerintah yang sudah efektif dan efisien, dan yang terakhir Kepatuhan terhadap perundangan undangan yang berlaku.

 

” Apabila dari keempat kriteria tersebut mengalami kendala maka opini WTP tersebut tidak akan di dapatkan.” Pungkasnya.

 

Untuk di ketahui Raihan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) telah di raih Pemerintah Kabupaten Batanghari sejak tahun 2015 hingga tahun 2019 atau sebanyak Lima kali secara berturut – turut. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: