Dimutasi Sepihak, Kades dan Camat Mersam Dilaporkan ke Inspektorat Batanghari

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Pejabat Sementara Desa Kembang Tanjung dan Camat Mersam dilaporkan oleh perangkat desanya sendiri ke Inspektorat, terkait pemecatan sepihak terhadap sekretaris Desa.

 

Diketahui, Husin sekretaris Desa Kembang Tanjung di dampingi oleh Muhamad Nuh selaku perwakilan pengurus PPID dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari.

 

Husin yang diduga korban mutasi, dihadapan para Awak media mengaku, dirinya sangat kecewa terhadap PJ Kades Kembang Tanjung yang dianggap mengambil keputusan tidak disertai dengan Surat Rekomendasi Camat.

 

” Tidak sesuai mekanisme, ini sudah Cacat hukum dan Ini juga sudah melanggar aturan yang tertuang di UU No 4 tahun 2014 serta Permendagri No 67 tahun 2017 terkait pemberhentian/mutasi perangkat Desa,” Katanya. Kamis ( 11/06/2020 ).

 

Diketahui, Surat permohonan Rekomendasi PJ Kades Kembang Tanjung tersebut, ditanggapi oleh Camat Mersam Salman dengan rekomendasi tanggal 8 mei 2020, yang isinya bahwa Camat tidak menyetujui permohonan mutasi, karena M Tamrin tidak melampirkan laporan Evalusi pekerjaan. Namun, beberapa jam kemudian dihri yang sama Salman mengeluarkan surat persetujuan atas permohonan rekomendsi tersebut.

 

Tamrin sebelumnya telah menjabat selaku sekretaris desa, tidak diketahui penyebabnya, tiba – tiba dimutasi menjadi Kasi Pemerintah Desa Kembang Tanjung, ditetapkan dengan keputusan PJ Kades atas Rekomendasi dari Camat Mersam tanpa adanya alasan dan Prosedur Administrasi yang jelas.

 

” Saya mendampingi Saudara Husin untuk mengklarifikasikan masalah tersebut kepada Inspektorat Batanghari, karena Mutasi tersebut tidak sesuai prosedur yang ada,” Sebut M Nuh ketua PPDI, yang mendapingi Husin korban mutasi jabatan.

 

M Nuh berharap kepada Inspektorat Kabupaten Batanghari agar bertindak profesional dalam masalah ini dan tanpa intervensi.

 

” Alhamdullilah langsung disambut baik oleh pak Muchlis, beliau akan menindaklanjuti dan melakukan Investigasi,” Tambah M Nuh.

 

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Batanghari, mengaku menyayangkan mutasi dan rotasi yang dilakukan oleh Pj Kades Kembang Tanjung.

 

” Didalam aturan tidak boleh Semena – mena dan menyalahgunkan jabatan apalagi untuk kepentingan pribadi,” Sesalnya.

 

Hingga berita ini diterbitkan PJ Kepala Desa Kembang Tanjung M Tamrin dan Camat Mersam Salman serta instansi terkait lainya belum dapat dimintai keterangan masalah tersebut.(DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: