Tenaga Pendidik Dapat Dispensasi dari Pemda Batanghari

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI – Tanggapi keluhan Aparatur Sipil Negara khususnya para guru tentang absensi Sistem Informasi Kehadiran Pegawai Online ( SIKEPO ), Pemerintah Kabupaten Batanghari memberikan Dispensasi kepada seluruh ASN Guru maupun Guru tenaga Honorer melakukan absensi dari rumah.

 

Work From Home ( WFH ) dengan arti Bekerja Dari Rumah. Hal ini dikarenakan dimasa Pandemi Corona Virus Disease 2019 ( COVID-19 ), untuk memutuskan mata rantai penularan wabah tersebut seluruh peserta didik tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP yang dibawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari masih diliburkan hingga waktu yang belum ditentukan.

 

Hal ini juga tertuang dalam surat edaran Pemerintah Kabupaten Batanghari yang dikeluarkan oleh Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari pada tanggal 08 juni 2020, yang ditandatangani langsung oleh kepala Dinas Agung Wihadi.S. Pd.

 

Pertama, berdasarkan surat edaran dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 3 tahun 2020 tanggal 09 maret 2020 perihal pencegahan Covid-19 disatuan pendidikan dan surat edaran kementerian dan Kebudayaan RI Nomor 4 tahun 2020 tanggal 24 maret 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

 

Kedua, dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 15 tahun 2020 tanggal 18 mei 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

 

Ketiga, Surat edaran dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Batanghari Nomor : 421/581/DD/PDK/2020 tanggal 18 maret 2020 tentang edaran.

 

Selain itu, memperhatikan surat edaran Bupati Batanghari Nomor : 821/3309/SE/BKPSDMD/2020 tanggal 29 mei 2020 tentang perpanjangan sistem kerja Aparatur Sipil Negara ( ASN ) dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari.

 

Sehubung dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, menyampaikan pada satuan pendidikan bahwa Work From Home ( WFH ) dalam Kabupaten Batanghari.

 

Pertama, proses belajar dan mengajar dari rumah bisa dilakukan mulai tanggal 8 juni – 27 juni 2020 dan menyampaikan materi yang pembelajaran daring dengan menggunakan media dan Sumber belajar Daring. Dapat dilihat dari portal guru berbagi : Https://Guruberbagi.Kemendikbud.go.id.

 

Kedua, Program Belajar dari rumah tidak harus mencapai ketuntasan kurikulum dan fokus pada.

  1. Literasi dan Numerasi

  2. Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19

  3. Prilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ) dan Gerakan Masyarakat Sehat ( GERMAS )

  4. Kegiatan Rekreasional dan Aktivis fisik

  5. Spritual dan Keagamaan; dan/atau;

  6. Penguatan Karakter dan Budaya.

 

Ketiga, selama proses belajar dari rumah satuan pendidikan untuk menyiapkan :

  1. melakukan Proses Belajar Dari Rumah

  2. Melakukan Penilaian untuk Kenaikan Kelas

  3. Menyiapkan Kelulusan untuk Sekolah dasa ( SD)

  4. Persiapan Pengadaan Protokol Kesehatan ( COVID-19 )

  5. Melakukan Kegiatan Sesuai dengan Kalender Pendidikan.

 

Tentang Surat edaran tetsebut juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Agung Wihadi. S.Pd, kepada media JurnalElite.co.id. Senin (08/06/2020) melalui sambungan telepon pribadinya.

 

” Iya betul, dan suratnya ada pada Pak Irsil. Silahkan saja hubungi beliau langsung.” Katanya.

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: