31 Siswa SMP se-Kabupaten Batanghari Dinyatakan Tidak Lulus

JURNALELITE.CO.ID, BATANGHARI  – Sebanyak 3.366 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas IX tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Batanghari dinyatakan lulus. Hasil kelulusan tersebut diumumkan oleh seluruh masing – masing SMP yang ada di Kabupaten Batanghari, Jumat (05/06/2020).

 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Batanghari Agung Wihadi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Irsil Syarif, setelah mendapatkan laporan data hasil Kelulusan dari seluruh SMP di Kabupaten Batanghari.

 

Dikatakannya, mekanisme penilaian Kelulusan siswa pada tahun ajaran 2019 – 2020 tersebut dinilai dari 5 semester yang telah di jalani siswa selama belajar di sekolah menengah pertama (SMP).

 

” Kelulusan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan adanya wabah virus Covid-19 jadi untuk ujian nasional ditiadakan, maka dari itu sistem penilaian Kelulusan siswa tergantung dari hasil nilai siswa selama 5 semester sebelumnya, dan untuk nilai tambahan diambil dari hasil belajar di semester 6,” kata Irsil.

 

Irsil juga menambahkan, Dari 99,6 % data siswa yang dinyatakan lulus tersebut di dapatkan langsung dari 57 sekolah menengah pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Batanghari.

 

“Jumlah siswa dari 57 SMP di Kabupaten Batanghari sebanyak 3.397 siswa yang terdata di Daftar Nominasi Tetap (DNT) , untuk siswa yang dinyatakan lulus pada tahun ajaran 2019 – 2020 sebanyak 3.366 siswa, dan 31 siswa lainnya dinyatakan tidak lulus,” Tambah Irsil.

 

“Kita juga masih menunggu hasil rincian verifikasi secara detailnya terkait 31 siswa yang tidak lulus berasal dari sekolah mana saja,” Paparnya.

 

Irsil Syarif mengungkapkan, pengumuman kelulusan siswa tersebut dilakukan secara daring (online) , hal itu dilakukan untuk menghindari terjadi kerumunan massa di masa pandemi seperti sekarang ini.

 

“Sesuai dengan instruksi dari pemerintah di masa pandemi sekarang ini dilarang ada penumpukan massa, jadi pengumuman dilakukan secara daring (online), dan untuk penyerahan SKL kepada siswa diharapkan kepada pihak sekolah agar mengikuti anjuran sesuai protokol kesehatan, agar siswa terhindar dari covid-19.” pungkasnya. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: