Pemdes Muaro Singoan Salurkan BLT DD Tahap Pertama

JURNALELITE.CO.ID,BATANGHARI – Dalam membantu perekonomian masyarakat kurang mampu yang terkena dampak dari wabah virus Covid-19, Pemerintah Desa Muaro Singoan menggelar Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang telah di anggarkan melalui pergeseran Dana Desa.

 

Acara yang berpusat di kantor Desa Muaro Singoan di hadiri langsung oleh Camat Muara Bulian H Saman K, SE, Penjabat Kepala Desa Muaro Singoan Samadani , Staf Desa, Babinsa, Babinkamtibmas,bPendamping Desa setempat, beberapa perwakilan penerima BLT DD, dan Para tamu undangan lainnya. Selasa (19/05/2020).

 

Sebelum BLT DD di salurkan ke masyarakat yang telah terdata melalui Musdesus, Perwakilan dari Dinas PMD , Camat Muara bulian beserta Penjabat Kades Samadani melaksanakan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan dari warga penerima BLT DD tersebut.

 

Dikatakan Penjabat Kepala Desa Muaro Singoan, setelah melalui tahap pendataan warga yang betul – betul di saring dari warga yang telah menerima bantuan dari pemerintah, tim penyaluran BLT DD telah mengusulkan sebanyak 105 KK untuk di usulkan ke Musdes beberapa waktu lalu.

 

” setelah melalui musyawarah Desa khusus (Musdesus) yang telah di laksanakan beberapa waktu lalu ada sebanyak 105 KK penerima yang akan kita salurkan pada Penyaluran BLT DD tahap pertama,” Ucap Samadani.

 

Lanjut Samadani, Anggaran yang di siapkan melalui Dana Desa untuk penanganan Covid-19 di bagi menjadi 3 tahap Penyaluran terhitung dari bulan April, Mei, dan Juni.

 

“Pencarian BLT DD hari ini adalah pencarian tahap awal, dengan anggaran sebesar 63.000.000,- dan untuk pencairan tahap kedua akan kita salurkan dalam waktu dekat ini, mengingat anggaran BLT DD di anggarkan terhitung sejak bulan April hingga Juni mendatang,” Tambah Pj Kades.

 

Penjabat Kades juga berharap, dengan adanya Penyaluran BLT DD kepada masyarakat yang menerima bantuan tersebut dapat membantu menunjang perekonomian di masa pandemi seperti sekarang ini.

 

” Kita sebagai Aperatur Desa berharap semoga dengan bantuan tersebut masyarakat dapat menggunakan bantuan sesuai dengan kebutuhan sehari – hari di masyarakat, dan semoga kita Semua selalu di beri kesehatan, di hindarkan dari penyakit yang sangat berbahaya tersebut,” Tutur Samadani.

 

” Dan jelang hari raya idul fitri izin kan kami dari seluruh staf dan jajaran pemerintah desa menghaturkan, MINNAL AIDIN WALFA IZIN, mohon maaf lahir dan batin,” Pungkasnya.

 

Sementara itu, Camat Muara Bulian H Saman K, SE juga menghimbau kepada para warga agar saling mengerti dan tidak saling memprovokasi terhadap bantuan yang di salurkan tersebut.

 

” Bantuan BLT DD ini merupakan warga yang terdata di luar dari warga penerima bantuan Pemerintah, baik itu bantuan PKH, BBT, BST, dan bantuan dari pemerintah lainnya,” Kata Camat.

 

“Saya selaku Camat berharap agar bantuan yang telah di salurkan supaya dapat di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.” Tutup Saman.

 

Untuk di ketahui BLT tersebut bersumber dari Dana Desa yang di salurkan per Kepala Keluarga (KK) sebesar 600.000 yg telah diatur dalam Permen desa PDTT No 6 Tahun 2020 yang merupakan revisi Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Yang dibayarkan terhitung bulan April, Mei dan hingga bulan Juni. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: