Agar Terhindar Dari Musibah Warga Bajubang Laut Gelar Baca Doa Bersama

JURNALELITE.COM,BATANGHARI – Warga Bajubang Laut, kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari gelar penutupan doa bersama. Doa digelar agar terhindar dari malapetaka yang saat ini telah menyelimuti beberapa negara di dunia. yakni Virus Corona.

Penutupan Pembacaan do’a keliling warga desa Bajubang Laut dengan sebutan Burda/Barda ini resmi di tutup oleh Penjabat Kepala Desa Bajubang Laut.

 

Acara yang di gelar selama tiga hari di mulai dari tanggal 18 maret hingga 20 maret 2020 berjalan dengan lancar, di ikuti seluruh lapisan masyarakat mulai dari pemuda hingga para warga dan perangkat desa terkhususkan kaum adam (Laki-laki).

 

” Kegiatan Burda/Barda tersebut terbagi dalam tiga rute, di hari pertama rute pembacaan do’a mulai dari masjid Miftahul Jannah Rt 04, ke arah Rt 01,dan rute kedua hari ini mulai dari Masjid Toriqul Jannah Rt 02, hingga ke perbatasan Desa Sungai Baung, dan rute terakhir esok hari Jum’at kembali mulai dari masjid Miftahul Jannah ke arah perbatasan simpang Bajubang Laut luar atau yang sering di sapa simpang aro,” Ungkap Zamhuri. SE,  Pj Kades setempat.

 

Zamhuri, menyampaikan Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi dari nenek moyang sebagai wujud upaya dan ikhtiar kepada Allah SWT, agar terhindar dari wabah penyakit yang telah menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh warga di seluruh dunia.

 

” Untuk terus melestarikan tradisi di desa Bajubang Laut para warga di Desa tersebut tidak pernah melupakan adat istiadat dan tradisi yang telah mendarah daging sejak dari dahulu, mulai dari tradisi pernikahan, perkumpulan adat, kematian, hingga tradisi tolak balak seperti yang di laksanakan sekang ini,” Ujarnya.

 

Pada kesempatan itu juga, Penjabat Kepala Desa Bajubang Laut menghimbau agar masyarakat di desa jangan terlalu panik atas wabah penyakit yang telah menyebar hingga ke beberapa wilayah yang berada di Indonesia, dengan cara menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, dan mengikuti arahan dan himbauan yang di instruksi kan oleh pemerintah daerah serta selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

” Kegiatan yang di selenggarakan seperti sekarang ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama atas wabah penyakit yang saat ini telah menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia,” Harapnya.

 

” Selain itu kegiatan ini juga merupakan sebagai wujud permohonan kepada sang pencipta alam semesta (ALLAH SWT) agar terhindar dari wabah penyakit virus Corona yang saat ini telah menyebar di beberapa provinsi di Indonesia.” Pungkas Zamhuri.(DD)

Editor :Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: