Masyarakat Batanghari Dihimbau Agar Selalu Waspada Virus Corona

JURNALELITE.COM, BATANGHARI – Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari menghimbau kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Batanghari agar dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap beredarnya virus Corona (Covid-19) yang telah menyebar ke beberapa Provinsi di Indonesia.

 

” iIya sekarang untuk wilayah Indonesia sudah ada delapan Provinsi yang telah terdata Terindikasi Virus Corona (Covid-19),” Kata Kadinkes Kabupaten Batanghari.

 

Dr Elfie Yenni MARS bilang, sesuai dengan instruksi dari Gubernur Jambi terkait permasalahan Virus Corona (Covid-19) yang kini telah di tetapkan Pemerintah sebagai Bencana Nasional dan telah di koordinatori oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

 

” Menindak lanjuti surat edaran yang telah di intruksikan Gubernur Jambi, Bupati Batanghari telah menginstruksikan ke seluruh OPD dan ke Sekolah – sekolah yang berada di Batanghari untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut,” Ujarnya, Selasa (16/03/2020).

 

Dikatakannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari juga di anggap perlu mengambil langkah-langkah yang spesifik dalam mengantisifasi penyebaran wabah penyakit yang berbahaya tersebut.

 

” Langkah-langkah yang di instruksi kan Bupati Batanghari pada rapat internal bersama seluruh OPD yaitu, menghindari pertemuan yang melibatkan orang banyak, menghindari Bepergian keluar Daerah (Perjalanan Dinas) terutama delapan Provinsi yang telah terjangkit Virus Covid-19,” Paparnya.

 

Lanjut Elvi, sejauh ini Rumah Sakit di Provinsi Jambi yang di tunjuk menangani virus tersebut baru Rumah Sakit Raden Mattaher, akan tetapi Bila mana di rumah sakit atau puskesmas di daerah menemukan pasien dengan gejala tersebut pihak rumah sakit atau puskesmas harus cepat tanggap dalam melayani terkait Covid19.

 

” Apabila dilingkungan sekitar terdapat gejala – gejala terkait Covid-19 segera melaporkan ke pusat pelayanan terdekat, baik itu Puskesmas atau pun Rumah Sakit,” Tambah nya.

 

Elfie juga berharap, agar masyarakat dapat menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan air mineral, serta olahraga yang cukup.

 

” Hindari kontak secara langsung, melakukan pengawasan kepada diri sendiri, yang paling terpenting mampu menerapkan isolasi pada diri sendiri dan apabila mendapati gejala – gejala seperti gangguan pernapasan, batuk, dan indikasi lainnya harus dengan sigap melapor ke pihak pusat pelayanan di
Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.”Pungkasnya. (DD)

Editor : Rudi Siswanto

%d blogger menyukai ini: