Desa Muaro Singoan Sediakan Perpustakaan Untuk Umum

JURNALELITE.COM, BATANGHARI – Pemerintah Desa Muaro Singoan menyediakan ruang Baca ( perpustakaan ) untuk masyarakat Desa terkhususkan untuk semua elemen masyarakat, Ormas, Hingga sarana pendidikan yang berada di Desa Muaro Singoan.

Saat di temui awak media di ruangannya Kepala Desa Muara Singoan Samadani, mengatakan, untuk meningkatkan daya minat baca bagi warga Desa terkhusus kan lapisan element masyarakat, ormas, generasi muda serta sarana pendidikan Maka dari itu perpustakaan menyediakan buku bacaan yang bersifat umum.

” Demi kenyamanan bagi pembaca, perpustakaan desa muara singoan telah menyiapkan fasilitas berbagai macam buku bacaan mulai dari buku bacaan pendidikan, buku pelatihan tentang pertanian, keagamaan, dan masih banyak buku bacaan lainnya.” Tutur kades, Kamis ( 16/01/2020 ).

Samadani juga menambahkan, pengurus perpustakaan juga menghimbau kepada sekolah dasar ( SD ) yang berada di Desa Muara Singoan untuk memanfaatkan perpustakaan yang berada di Desa.

” Sekolah Dasar disini juga sudah kita arahkan untuk mengisi waktu pelajaran ekstra kulikuler dengan membaca buku di perpustakaan Desa termasuk Organisasi kepemudaan lainnya.” Tambah Kades.

Kepala Desa Muara Singoan juga berharap ” dengan adanya perpustakaan ini saya berharap dapat menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat dan generasi muda khususnya, sekaligus mengurangi hal – hal yang bersifat negatif.” Pungkasnya.

Di tempat yang sama pengelola Perpustakaan Desa Umi Kalsum juga mengatakan untuk pinjam baca di perpustakaan Desa bisa berjarak selama satu Minggu dan tanpa di kenakan biaya administrasi pinjaman.

” Pengunjung di perpustakaan desa ini masih relatif stabil, anatara 10 sampe 15 pengunjung dan masyarakat yang pinjam baca antara 10 sampai 20 masyarakat” Tutur umi.

Untuk di ketahui perpustakaan Desa muara Singoan ini sudah berdiri sejak tahun 2011 lalu dan menyediakan buku bacaan sebanyak 1800 buku bacaan, mulai dari buku panduan adat, panduan pertanian, peternakan, hingga buku pengetahuan lainnya. ( DD )

Editor : Rudi Siswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: