Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batanghari Tinjau Bedah Rumah Dari Kementrian RI

JURNALELITE.COM, BATANGHARI – Dinas Sosial Kabupaten Batanghari memonitoring dan Evaluasi ( Monev ) Bantunan RUTILAHU Tahun 2019 di Dusun Senami, Desa Jebak, Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari, Rabu (15/01/20).


Rumah tidak layak huni (Rutilahu) merupakan salah satu kegiatan penanganan masyarakat kurang mampu yang diselenggarakan Kementerian Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal masyarakat kurang mampu melalui perbaikan/rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai, dan dinding serta fasilitas MCK.

Kepala Dinas Sosial Batanghari, Fauzan Azhari mengatakan, ada lima program dari Kementerian Sosial ( Kemensos ) yang di salurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Batanghari di antara yaitu Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Beras Sejahtera, Sarana Lingkungan (Sarlin), Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

” Untuk program rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kabupaten Batanghari tahun 2019 dari Kementerian Sosial  RI sebanyak 80 unit, dan Alhamdulillah proses pengerjaannya sudah berjalan mencapai 80 persen dari keseluruhan bantuan Rutilahu, yang pengerjaan nya selama 100 hari terhitung dari Desember 2019 hingga Februari 2020,” Tuturnya.

Kadis Sosial juga menambahkan, mekanisme penerima bantuan dana Rutilahu ini adalah swakelola oleh warga penerima bantuan yang sudah terdaftar dalam program Rutilahu.

” Team dari Dinas Sosial Kabupaten hanya melakukan pengawasan dalam pembangunan rumah tersebut, untuk dana renovasinya langsung di kelola oleh pihak penerima bantuan Rutilahu dan untuk di tahun 2020 ini Proposal sudah kita terima akan tetapi masih menunggu masih menunggu Perbub tahun 2020 ini.” Tutup Fauzan.(DD )

Editor : Rudi Siswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: